Sunday 21 October 2018

Fakta Miris Sarjana Informatika Nggak Bisa Ngoding Memang Salah Siapa ?

Fakta Miris Sarjana Informatika Nggak Bisa Ngoding Memang Salah Siapa ?

kuliah-online-informatika.blogspot.com
Dilansir www.cakshon.com (18/10/2018)sarjana Informatika itu identik dengan bahasa pemrograman yang dalam istilahnya (ngoding), fakta mirisnya banyak lho dikalangan mereka yang nggak bisa ngoding. Hal yang dipertanyakan dalam benak kita siapa yang salah dengan fenomena yang aneh ini. Banyak yang menyalahkan tentang hal ini, dimulai dari kalangan dosen memusingkan diri dari 100 jumlah mahasiswa informatika hanya 20% yang bisa menguasai skill special ini.
Walaupun sudah berganti kurikulum dengan lebih banyak matkul pemrograman yang dicantumkan disistem pendidikan universitas, nyatannya tetap gagal, dan mungkin mereka akan lulus dengan nia memuaskan dan menyematkan gelar sarjana S.kom disematkan pada namanya tapi, apa nggak malu lulusan Informatika nggak bisa coding ditambah dunia kerja sekarang membutuhkan seorang progammer handal dengan kesiapan tantangan merangkai algroritma menguras pikiran.
Mungkin penyebab pertama mahasiswa Informatika nggak bisa ngoding, mereka memang terlalu manja pingin diajari secara privat. atau dengan adannya google mereka nggak perlu mencari sumber ilmu diperpustakaan lebih mirisnya lagi, langsung copas program orang lain dan tinggal diubah untuk tugas disetorkan kepada dosen.
Hal kedua adalah banyak dosen dikalangan S -1 mengajar diperguruan tinggi, nyatannya ini tidak dibenarkan karena mereka masih awam dalam mengajarkan ilmu kepada anak didiknya. Dan mungkin kebanyakan dosen hanya lebih sering mengajarkan dan memberi tugas teori bukan praktek, maklum sih tugas seorang dosen memang banyak dengan gaji nggak seberapa harus nyambi untuk memenuhi kebutuhan keluargannya.
Dan terakhir yang membuat kaget penulis ialah ternyata dari sekian mahasiswa memilih Informatika memang benar-benar salah jurusan, hal ini memang membuat mereka enggan menyentuh coding sedikitpun. Inilah sekilas mengapa Mahasiswa Informatika nggak bisa ngoding ?, bukan salah siapa mari salahkan diri kita masing-masing dan terus membenahi niat ya.

0 comments:

Post a Comment