Sunday 28 October 2018

Cara Singkat Membuat Partisi Baru Windows 7 Tanpa Sotware Tambahan Di PC Laptop

Cara Singkat Membuat Partisi Baru  Windows 7 Tanpa Sotware Tambahan Di PC Laptop

Sebagai seorang pemula kita selalu bertanya apa itu partisi hardisk.Partisi hardisk ialah suatu cara untuk membagi kapasitas hardisk menjadi beberapa bagian , Agar lebih memudahkan windows untuk mengindex file di drive komputer memiliki kapasitas hardisk besar. 

Misalkan kita mempunyai data dokumen misalkan ms office,video maka kita tempatkan di partisi D, dan file instalasi program biasanya kita tempatkan di partisi C.

Karena partisi C juga tempat instalasi window,  Dan apabila ingin install ulang maka anda hanya perlu format partisi C. Bukan D atau lainnya hal ini digunakan untuk menyimpan file penting kita.

Pertama klik start > Control panel.
Kemudian klik System and Security.

Klik Create and Format Partitions hardisk partitions

Pada disk management kita akan membagi kapasitas hardisk pada partisi D yang saya kira lebih besar dari C yang memiliki kapasitas 59 GB. Klik kanan partisi D> Shrink Volume.

P    ada Shrink volume terdapat pilihan:
Total  size before shrink in MB:Kapasitas partisi sebelum dibagi
Size of available shrink space in MB: Kapasitas maksimal partisi yang diambil
Enter the amount of space shrink in MB:mengisi kapasitas baru yang diinginkan tidak boleh melebihi Size of available shrink space in MB.
Total size after shrink in MB: kapasitas partisi setelah dipotong untuk drive baru.
Ambli misalkan 20000 MB  kalau dikonversi GB menjadi sekitar 20GB nantinya. Dan klik shrink setelah selesai setting.



      Sekarang partisi D  lebih kecil,  untuk bisa membaca partisi baru dan menamainya misalkan partisi baru adalah E, maka klik kanan pada partisi yang bertulisan unallocated, pilih new simple volume.

    Klik next.

Pada simple volume size in MB, merupakan kapasitas partisi yang kita ambil dari partisi lama yaitu 20000MB, Jangan diubah agar sama kapasitasnya sesuai dengan yang diharapkan. Klik next.


path defult adalah E kita bisa mengubah path pada partisi F  sampai Z , Klik next.
Partisi kita secara default berfile sistem NTFS dan partisi baru akan diformat dengan centangan perform and quict format untuk dapat diisi data, kita hanya mengubah volume label atau nama partisi yang kita inginkan misalkan” Master”. Klik next.
    Setelah selesai klik finish 




Catatan: dalam mempartisi hardisk baru harus berhati-hati agar data yang anda simpan    tidak terhapus. Anda harus membackup dahulu data(copy data) ke hardisk

0 comments:

Post a Comment